Artkel Per Label

Jumat, 29 Januari 2016

Munculnya Sekte dalam Syiah

1       Penyebab munculnya sekte syiah Pemicu utama lahirnya sekte atau ragam aliran dalam syiah adalah adalah permasalahan... thumbnail 1 summary


1      Penyebab munculnya sekte syiah
Pemicu utama lahirnya sekte atau ragam aliran dalam syiah adalah adalah permasalahan imamah, semua sekte syiah sepakat bahwa imam yang pertama adalah Sayyidina Ali ra. Selanjutnya adalah Hasan bin Ali lalu Husain bin Ali. Namun setelah itu muncul perselisihan mengenai siapa pengganti imam Husain. Dalam hal ini muncul dua kelompok dalam Syiah. Kelompok pertama meyakini imamah beralih kepada Ali bin Husain Zainal Abidin, putra Sayyidina Ali bin Abi Thalib dari istri Beliau Fathimah radhiyallahu anha.

           
Dari perbedaan kedua kelompok ini muncullah berbagai sekte dalam Syiah. Kira kira terdapat sekitar 300 sekte syiah. Namun para ahli umumnya membagi sekte Syiah dalam empat golongan besar yaitu Kaisaniyah, Zaidyah, Imamiyah, dan kaum Ghulat sebab firqah firqah Syiah yang mencapai jumlah ratusan berasal dari 4 kelompok besar tersebut.

      Baca sejarah munculnya syiah

    Syiah Ghulat
              Syiah Ghulat(kelompok Syiah ekstrim) adalah golongan yang berlebihan lebihan dalam memuji Sayyidina Ali ra. atau imam lain dengan menganggap bahwa para imam tersebut bukan imam biasa melainkan jelmaan Tuhan atau bahkan Tuhan itu sendiri.

              Syi’ah ini terbagi menjadi 2 yaitu : Pertama, al-Sabaiyah (kelompok Abdullah bin Saba’), yang menganggap Ali sebagai jelmaan dari Tuhan, atau bahkan Tuhan itu sendiri. Kelompok ini juga menganggap Ali masih hidup dan diangkat ke langit, sedangkan yang terbunuh adalah orang yang diserupakan dengannya. 

               Kedua, al-Ghuriyyah, yang memiliki pandangan bahwa Ali hanya manusia biasa, tetapi menurut kelompok ini, Ali seharusnya yang menjadi utusan Allah, bukan Muhammad. 

2    Syiah Imamiyah
               Syiah Imamiyah adalah golongan yang meyakini bahwa Nabi SAW. Telah menunjuk Sayyidina Ali ra. sebagai imam penggantinya dengan penunjukan yang jelas dan tegas. Oleh karena itu mereka tidak mengakui keabsahan kepemimpinan Sayyidina Abu Bakar, Umar maupun Utsman ra.

               Syiah Imamiyah terpecah menjadi beberapa golongan. Yang terbesar yaitu golongan Itsna Asyariyah (Syiah dua belas) dan golongan Isamiliyah.

               Isma’iliyah, yang menyakini bahwa jabatan imamah tersebut pindah kepada anak Ja’far al-Shadiq bernama Isma’il. Itsna Asyariyah (12 Imam), yang menyakini bahwa jabatan imamah tersebut pindah kepada anak Ja’far al-Shadiq yang bernama Musa al-Kadzim.

Baca Artikel Lainnya di juliarnasution.blogspot.com

Tidak ada komentar

Poskan Komentar

Advertisement 728x90